Sabtu, 11 Agustus 2012

Tips Mencontek Saat Ujian

Tips Mencontek Saat Ujian - Mendengar kata ujian pasti sangat menautkan apalagi ujian nasional, bisa dikatakan adalah tantangan terberat yang harus dilalui .Banyak cara dilakukan semua orang  agar bisa berhasil mencontek saat ujian. Dari jaman ke jaman pastinya sudah banyak tips dan cara mencontek yang sangat cerdik dilakukan. Kalau dulu mencontek ujian hanya dengan kode-kode jawaban,sampai membuat contekan berupa kertas. Tapi jaman sekarang sudah beda, anak-anak sekarang sudah kreatif dalam mencontek salut dah .Mulai dari smsan ,sampai BBMan dan juga wal status di facebok.Gokill dah...

Sebelum kita ulas mengenai cara-cara mencontek yang baik dan benar ,alangkah baiknya kalo kita telah dulu jenis-jenis mencontek .Menurut jenisnya ,tipe mencontek itu ada 3:

A. Contek diam-diam 
Dalam kasus ini,pelaku pencontek cenderung mencontek kerjaan temennya yang pinter.Tapi sering juga karena kepepet,temen yang bodoh tetep dicontekin.Dalam contek tipe ini ,korban yang dicontekin (biasanya) tidak sadar telah dicontek.
B. Kerja Sama
Contek jenis ini cenderung lebih menyenangkan.Karena dilakukan oleh 2 kepala (atau lebih),ujian jadi (terasa) lebih ringan...
 C. Solo Career
Contek jenis ini biasanya lebih menjanjikan ,tapi kalo resikko kalo ketaun lebih bahaya ,karena si pelaku contek bakalan punya barang bukti contekan....hahahhaha!!

Nah,sekarang mari kita ulas tips-tips mencontek yang baik dan benar....

1. Behave. Be Calm.Be Confident
kalo kamu mau mencontek ,usahakan gesture tubuh kamu jan terlalu mencolok .Karena kalo kamunya udah salah tingkah duluan ,misal : keringet dingin,dijamin si pengawas ujian bakal curiga.

2. Hindari eye-contact dengan pengawas ujian
Saya kasih tau ya,peserta ujian sering terlibat eye-contact dengan pengawas cenderung langsung dinobatkaan sebagai calon pencontek.jadinya sebisa mungkin hindari eye-contact.Cara yang paling baik adalah pura-pura ngeliat jam dinding di depan ruangan,sambil sesekali melirik si pengawas ujian.Sebisa mungkin gesture-nya se natural mungkin.Terus,kalo kamu terlibat eye-contact dengan sang pengawas,kamu ga usah panik.Cara yang paling ampuh adalah pura-pura mikir ,bisa dengan bergumam & sok-sok mikirin teorama/dalil dari mata kuliah/sekolah yang bersangkutan..hahahah!

3.Hindari posisi duduk miring
Biasanya ini  terjadi kalo kamu mencontek temen kamu yang duduknya dibelakang kamu.Posisi duduk miring emang memudahkan manuver mencontek ke belakang,tapi sayangnya posisi seperti inisangat mencurigakan.jadi lebih baik dihindari.

4.jangan bawa alat tulis komplit
kalo perlu,kamu mending gausah bawa pulpen/pensil. Logikanya begini,semakin banyak barang yang kamu ngga bawa,berarti semakin banyak juga kesempatan kamu minjem barang ketemen,semakin banyak juga peluang untuk mencontek temen yang kita pinjem barangnya..hahaha! saat pinjem barang usahakan mata gausah melihat barang yang kita pinjem,tapi fokus pada kertas jawaban target yang akan dicontek.

5.Jangan pernah buat contekan di kartu ujian
sumpah ,ini cara yang paling dongo' banget ! Saya suka mau teriak kalo nemuin siswa/mahasiswa dikartu ujiannya...!

6. Buat kebetan di kertas kecil 
Jangan pernah serakah dalam kebetan! kalo sifat ujiannya closebook, ya buat kebetannya di kertas kecil aja.Jangan buat kebetan di kertas A4!

7. Mencontek saat di awal
kerjakanlah soal yang paling susah dulu!ini wajib! karena kalo ujiannya baru dimulai ,cenderung pengawas ujiang masih nggak fokus,jadinya chance untuk mencontek juga lebih besar...coba bandingin dengan momen-momen akhir ujian. Biasanya siswa/ mahasiswa udah keburu panik kalo waktu ujiannya tinggal dikit.jadinya ngga bia mencontek dengan pikiran jernih...hahahah!

8.ke Toilet 
 ini adalah senjata pamungkas dalam urusan contek-mencontek (khususnya kalo selama ujian,peserta diperbolehkan untuk ke toilet).sebelum pergi ke toilet,alangkah baiknya kamu hafalin dulu soal-soal apa aja yang ngga bisa kamu jawab,baru deh ntar di dalam toilet ,kamu bebas ,membaca kertas kebetan ato buku kamu sepuasna! hahahhaa !

0 komentar:

Posting Komentar