Kamis, 16 Agustus 2012

Tips Menghadapi Polisi Agar Tidak di Tilang

Bagi pengendara bermotor hal paling menyebalkan selain kemacetan yang berjam-jam di jalan adalah ditangkap polisi .Apalagi para polisi banyak yang suka mengadakan pengaturan .Ada yang lagi jual rumah dan sudah pengen cepet nyampe tujuan karena sudah di tunggu oleh calon pembeli rumah nya ,eh malah ditangkap polisi ! Pasti bikin BT banget dehh.

Berbagai jurus akan dikeluarkan polisi dari alasan : "jalan ini one way dari pagi sampai jam 10.00 padahal tidak ada rambunya " atau kalo bapak mau lurus ,tidak boleh ambil paling kiri,padahal tidak ada rambunya  yang menandakan bahwa kiri harus belok ".Dua alasan tersebut paling sering terjadi.Contoh untuk pertama :banyak polisi yang mangkal persis di seberang jalan didepan bakmi jakpos jakarta selatan dan banyak sekali yang ditangkap dengan alasan kalau jalan tersebut adalah one way dipagi hari.Padajal disana tidak ada rambu one way kalo dipagi hari .Tapi polisi tidak mau tau akan mengeluarkan  berbagai gertakannya supaya anda takut untuk ke persidangan.
Untuk contoh yang kedua adalah di sepanjang gunung sahari dari Harmoni ke Mangga Dua. Banyal sekali polisi yang mangkal disana .Coba saja anda mengambil jalur paling kiri atau kanan tetapi ternyata anda tidak membelok(lurus kedepan).Dijamin pasti anda akan di stop polisi.
Dan sudah menjadi rahasia umum  bahwa banyak dari kita yang memilih jalur "damai" daripada kepengadilan.Sebenarnya bukan karena cinta "damai" ,tetapi ga mau ribet atau ga ada waktu ke pengadilan .Bagi yang tidak mau mengeluarkan duit ,bisa dicoba tip tips anti tilang dibawah trik-trik ini TIDAK PERNAH GAGAL.




RAHASIA ANTITILANG #1 Saya anak jendral!



Trik ini merupakan trik yang paling umum.Saya anak jendral bisa diganti saya anak saudara pak xxx dan disertai dengan penyelipan kartu nama pejabat kepolisian.Dalam menjalani trik ini ,anda harus bisa memasang  tampang sok yakin dan percaya diri ,disertai dengan berbicara dengan suara lantang ,agak sok,dan pasti penuh keyakinan.

contoh skenario :
Polisi : "Selamat pagi,ibu telah melanggar pasal sekian karena sekian-sekian".
Anda: "YA SUDAH! YA SUDAH!TILANG AJA SAJA SEKARANG!AYO CEPAT!TILANG SAJA!"
Polisi: HMMM ? maaf bu,memangnya ibu...siapa ya?"
Anda: "NGAPAIN TANYA-TANYA SIAPA AKU ! KALAU KAU MAU TILANG, YA TILANGLAH SANA!"
Polisi: "Maaf bu,ibu kenal siapa ya?"
Anda:"MEMAMANGNYA KALAU  AKU KENAL SIAPA-SIAPA KENAPA?HAH?MAU TILANG LEBIH BESAR LAGI NIH?HAH?"
Polisi:"Engga bu,lain kali hati-hati ya"

Mengapa trik ini tidak pernah gagal!?Sebelumnya trik ini merupakan teknik yang dalam psikologi disebut reverse psychology,dimana seseorang  melakukan persuasi dalam mengarahkan lawan bicara dengaan melakukan hal yang justru tidak diinginkan oleh lawan bicara.Menyuruh pak polisi untuk menilang dengan lantang akan memicu reaksi tersendiri dalam diri pak polisi,yaitu respon negatif saat menanggapi sebuah persuasi ,sehingga bertindak justru kebalikan persuasi yang diberikan (melepaskan dan tidak menilang).

Teori psikologi ini bersasal dari abad kuno indonesia,dan dalam masyarakat dulu lebih dikenal dengan gertak sambal yang artinya sebenarnya kita hanya menggertak.Jadi seseorang sebenarnya tidak mempunya kekuatan atau kekuasaaan yang dia miliki tetapi dia hanya membual.Semakin yakin dan percaya tindakan anda,lawan bicara semakin ragu akan kemampuan nya sendiri dan tidak berani mengambil resiko untuk melawan kita.

Karena seringnya digunakan ,diperlukan kehati-hatian dalam melaksanakan trik ini.
JANGAN BERBOHONG asalah kunci sukses keberhasilan.Itu termasuk  : jangan mengaku saudara jika bukan saudara jika bukan saudara dan jangan memberi nomer telepon yang tidak bisa dihubngi.
ingat,kegagalan dan gerak-gerik kurang meyakinkan akan menimbulkan kecurigaan lain bisa berbuah tulang yang lebih berat!

RAHASIA ANTI TILANG#2 :Saya lagi banyak masalah,Pak!
 HATI-HATI !TRIK INI MEMBUTUHKAN LATIHAN AKTING ! Sebenarnya trik ini lebih cocok untuk orang yang mempunyai kemampuan berkating .Begitu diberhentikan polisi,anda sudah harus mulai penjiwaan.Segera telengkupkan tangan ,nasahi mati dengan air mata  buaya supaya kelihatan menangis dan trik ulur ingus untuk lebih meyakinkan lagi kalau anda mengangis .Sepanjang interogasi ,udahakan kontak mata sedikit mungkin dengan pak polisi,gerakkan tangan menutup muka seperti sedang depresi akan lebhmeyakinan lagi.

Skenario :
"Maaf Pak,Bapak melanggar pasal sekian-sekian"
"Aduh ,terserah deh,pak,bapak mau nilang saya apa gimana terserah deh"
"Memangnya bapak kenapa?"
"Aduh ,gausah nanya-nanya deh pak,saya lagi pusing banyak masalah nih!"
"Emangnya masalah bapak apa?"
"Pokoknya saya lagi pusng banyak masalah !makanya saya ga liat tadi tuh lampu merah didepan soalnya pikiran saya kusut ! Jadi terserah deh kalau bapak ,mau nilang saya?"
Diucapkan dengan kata frustasi dan diakhiri dengan suara lirih dan nada gantung.
"Duh,ada yang bisa saya bantu kalu lagi ada masalah?"
"Ga bisa! Bapak ga bisabantu saya! terkesan mau nangis ," Ga ada yang bisa dibantu SAYAAA! menangis histeris.
"Y udah lha kalau ubu lagi banyak masalah ,lain kali hati-hati ya"

Mengapa tak pernah gagal?Karena orang jahat selalu menang,dan ini adalah teknik yang sangat jahat.Trik ini memanfaatkan sisi baik dari seseorang polisi.Manusia pada dasarnya mempunyai hati yang nurani yang bisa merasa kasihan terhadap orang lain .Tidak ada manusia yang lahir tanpa empati akan kesusahan manusia lain walaupun hanya setitik tetep saja ada rasa ibanya .Apalagi seorang polisi yang diharapkan menjadi pamong masyarakat.

Taktik ini emang masih jarang digunakan karena membutuhkan penghayatan yang mendalam dan susah meyainkan polisi ,salah-salah malah ditilang lebih berat.Ditambah juga orang-orang banyak berpikiran bahwa polisi akan lebih memilih duit daripada rasa iba,apalagi polisi jaman sekarang.Sekal dipakai ,tentunya para polisi akan selalu terkenang-kenang.ibaratnya sekali lancungke ujian,seumur hidup orang tak percaya bisa-bisa bagian skenario tadi dipotong menjadi :
"AHHH! Udah !Ga usah Pura-pura ! Kemarin uda ada yang pake tuh! ibu-ibu!"

RAHASIA ANTI TILANG #3 Saya mahasiswa hukum,loh!
Walaupaun anda bukanlah seorang mahasiswa huum,tidak perlu ragu-ragu dalam memakai trik ini hanya karena judulnya.Siapa saja bisa memakai trik ini bahkan yang bukan mahasiswa hukum beneran.Cukup kemampuan persuasi dan kegigihan mempertahankan kasus macamnya pegacara artis.

Skenario :
"Mas melanggar pasal sekian karena sekian-sekian "
"Aduh ,maaf,pak ,soalnya rambu-nya nggak kelihatan ,ketutupan pohon tuch lagian saya itu baru pertama kali lewat sini,jadi saya kurang paham sama jalanannya'
"Ya tapi nggakbisa gitu donk,Mbak tetap melanngar dan harus dibilang"
"Wah ,nggak bisa langsung dibilang gitu,pak! kan saya sudah bilang tadi alasanya ,rambunya tidak kelihatan karena ketutupan pohon,jadi sebenarnya ,bahwa kalau pelanggaran karena rambu yang tidak jelas,tidak bisa dikenakan sanksi"
"Memang aturannya seperti itu kok,melanggar ya kena sanksi!"
"Nahh ,itu dia apalagi saya tadi sudah minta maaf karena pertama kali lewat.Saya ini mahasiswa hukum,pak,jadi saya tahu aturan persidangan .Saya jelas tidak bersalah karena saya tidak diinformasikan sebelumnya bahwa apa yang saya lakukan itu salah.Rambu itu tidak jelas.Saya pertama lewat .Siapa yang memberi tahu saya?"
"Justru ini saya stop dan saya beritahu ,Mas melanggar!"
"Benar sekali ,terima kasih ,pak,tugas seorang polisi memang untuk membimbing anggota masyarakat agar patuh peraturan .Karena itu sekarang saya jadi tahu disini ga boeh belok,dan lain kali tidak melanggar."
"Tapi yang ini tetap diulang!"
"Wah ,saya yakin bapak sebagai penegak hukum belajar hukum seperti saya di fakultas hukum.Pelanggaran kali ini tidak kena tilang ,pak,tapi berikutnya jika sayamelanggar lagi,saya harus ditilang!"
"Ya sudah sana pergi!"

Mengapa tak pernah gagal ,sekali lagi ada hubungan psikologi manusia dengan trik ini.Secara psikologi ,orang tidak suka mendengar suara keras yang memekakan anda telinga terus menerus atau omelan repetan orang yang panjang lebar.NAH.Polisi itukan juga manusia,yang pasti akan terganggu mendengar rentetan alibi tak henti oleh suara yang tak enak didengar.Dalam pikiran polisi,lebih bagus saya mencari mangsa yang lain daripada menghabiskan waktu yang satu ini.
Trik-trik diatas bukan lah bermaksud untuk menghina lembaga kepolisian .Polisi memang sudah ada perbaikamn dan banyak juga diantara kita sudah menikmati buah reformasi biokrasi saat mengurus SIM,surat tanda tilang .Ramah -cepat-tidak mahal-.Trik-trik diatas justru ditulis agar pihak kepolisian dapat menghindari orang-orang yang suka ngemplang tilang.

sumber : Tips Menghadapi Polisi Agar Tidak di tilang-mydishabBlog http://mydisha.blogspot.com/2010/12/tips-menghadapi-polisi-agar-tidak-ditilang.html1#ixzz23DFZBA6G

0 komentar:

Posting Komentar